OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP)

Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau dulunya Administrasi Perkantoran (AP) merupakan salah salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memberikan bekal tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan perusahaan atau kantor.

Tujuan Kompetensi keahlian OTKP :

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tertulis terhadap relasi dengan memperhatikan norna dan lingkungan masyarakat;
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.

Prospek Lulusan

  1. Staf Administrasi
    Melakukan Penyimpanan, pemeliharaan dan laporan kegiatan perkantoran
    Melakukan pencatatan keuangan sederhana
    Melakukan kegiatan kesekretarisan.
  2. Staf HRD
    Melakukan perencanaan, penanganan, pemeliharaan dan laporan administrasi pegawai.
  3. Receptionist
    Melakukan pelayanan prima kepada pelanggan dengan standar A3.
    melakukan komunikasi melalui tetepon dalam bahasa indonesia/Inggris
  4. Sales & Marketing
    Melakukan pelayanan prima kepada pelanggan
    Melakukan perencanaan, penanganan dan laporan kehumasan