Kamis (15/6) GERAKAN PRAMUKA-Pelantikan Pramuka Penegak Bantara Angkatan XVI Pangkalan Jenderal Sudirman-R.A. Kartini SMK Al Husain Keling sukses digelar pada hari Kamis-Sabtu, 13-15 Juni 2024 di Lapangan Desa Blingoh.

Pelantikan Penegak Bantara merupakan salah satu program kerja tahunan ambalan Jenderal Sudirman-R.A.Kartini. Untuk mencapai tingkat penegak bantara, Calon Penegak harus memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU). Upacara Pembukaan dilaksanakan pada hari kamis, 13 Juni pukul 07.00 WIB di halaman SMK Al Husain Keling dengan jumlah Calon Penegak sebanyak 193 siswa. Setelah upacara, dilanjutkan pengembaraan menuju lokasi perkemahan dan pendirian tenda di Lapangan Desa Blingoh.

Calon Penegak terlihat semangat dan menikmati semua kegiatan mulai dari pengembaraan, pendirian tenda, memasak sendiri untuk melatih kemandirian, pentas seni, upacara api unggun, kerja bakti hingga upacara pelantikan. Acara pentas seni dilaksanakan selama dua malam. Dengan adanya pentas seni, diharapkan bisa menghibur dan penghilang rasa lelah setelah seharian berkegiatan. Pada saat acara Upacara Api Unggun dihadiri oleh Bapak-Ibu Dewan Guru, Pembina Pramuka dan alumni Dewan Ambalan.

Suhardy, Pembina Pramuka SMK Al Husain Keling menyampaikan bahwa kegiatan berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan schedule yang direncanakan. Para peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan. Kekuatan fisik anak-anak juga lumayan bagus meskipun rute yang harus dilalui cukup jauh. “Harapannya kegiatan kepramukaan bisa lebih baik lagi dan membuat adik-adik lebih semangat dalam kegiatan kepramukaan. Kami menekankan bahwa kegiatan pramuka harus menyenangkan, menarik dan menantang bagi peserta didik. Karena zaman sekarang banyak yang beranggapan bahwa pramuka kurang menarik.” Jelasnya.

“Sangat menikmati karena seru dan menegangkan. Banyak hal-hal yang terjadi di luar prediksi. Kendalanya hanya capek saja. Semoga kegiatannya bisa lebih baik lagi ke depannya.” Reza Andika Ardiansyah, kelas X MPLB 3 memberikan tanggapan.

“Seru tapi capek. Ini akan menjadi pengalaman bagi kami sebagai remaja yang suka berpetualang dan menjelajah alam. Ada sedikit kendala saat pengembaraan, dari sangga lain ada yang kesasar.” Imbuh Chacha S. L., Kelas X MPLB 2.

Aji Ismoyo, S.Sos selaku Kamabigus SMK Al Husain Keling menyampaikan bahwa ke depannya akan ada program kepramukaan yang menyentuh lini masyarakat seperti Kemah Bakti Masyarakat dan kegiatan sosial. “Luar biasa! Karena Calon Penegak bisa belajar mandiri dan belajar memahami aturan hidup. Calon Penegak juga bisa belajar dari filosofi api unggun bahwa Urip iku Urup, Hidup itu harus bercahaya atau terang. Dan untuk memberikan cahaya kepada orang lain, kita harus bercahaya terlebih dahulu.” Tutur Kamabigus SMK Al Husain Keling. “Semoga hal baik bisa ditingkatkan lebih baik lagi. Antusias dari masyarakat juga sangat bagus. Terbukti di beberapa titik saat pengembaraan, ada warga yang menyediakan roti dan air mineral.” Imbuhnya.

 

Kontributor: Yundra Karina